Rabu, 24 April 2019

Mobil Kijang LGX (Kijang Kapsul LGX)



Salah satu mobil paling melegenda di Indonesia, yang sudah berkiprah di kancah otomotif nasional selama 30 tahun, yakni Toyota Kijang. Dengan salah satu merknya yang diminati oleh semua kalangan sejak 1997 hingga saat ini. Ya ini dia Mobil sejuta umat Kijang LGX yang sangat laris dipasar otomotif Indonesia berkat spesifikasinya yang handal dan menjawab semua kebutuhan mobilisasi keluarga, baik jumlah penumpang maupun barang dengan kapasitas besar.


Spesifikasi Mobil Kijang LGX (Kijang Kapsul LGX)


Memiliki kapasitas penumpang sebanyak 7 sampai 8 orang penumpang serta ruang kabin yang lapang dengan ini varian mobil Kijang kapsul tipe Grand memang paling banyak diminati pasar otomotif dibandingkan varian lainnya. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, kijang kapsul memiliki 8 varian, dimana terbagi menjadi dua bagian besar yakni varian short dan long dengan perbedaan panjang di kursi baris ketiganya. Varian short wheelbase terbagi lagi menjadi SX, SSX, SGX dan Rangga, sedangkan varian long wheelbase terbagi menjadi varian LX, LSX, LGX dan Krista.

Selain memiliki keunggulan ruang kabin yang luas, varian Kijang LGX ini memiliki kelengkapan interior paling lengkap diantara tipe standar, medium maupun sporty yang dikeluarkan oleh Toyota Kijang Kapsul yang merupakan Toyota Kijang generasi ketiga. Terdapat empat macam mesin yang pernah digunakan mobil generasi ini yakni mesin 1.800 cc karburator, 1.800 cc EFI, 2.000 cc EFI dan 2.400 cc Diesel. Namun yang akan dibahas kali ini hanya 3 jenis mesin tanpa mesin 1.800 cc karburator.

Eksterior Kijang LGX

Eksterior Kijang LGX

Bagian eksterior mobil yang membulat seperti kapsul memang menjadi ciri khas mobil ini. Desain yang simpel dan sederhana serta kap mesin panjang dan bodi membulat pada bagian belakang. Pada bagian samping dilengkapi dengan guratan horisontal lurus dengan sedikit lekukan sepanjang spion hingga kaca belakang yang simpel dan polos. Kemudian pada bagian kaca belakang melengkung dengan sepasang lampu yang seragam dengan bodi mobil. Secara keseluruhan mobil ini masih sedap dipandang dan masih terkesan modern, apalagi jika perawatan bodi mobil terawat dan mulus pasti menambah nilai lebih pada mobil kijang satu ini.

• Pre Facelift (1997-2000)

Pada bagian depan dilengkapi grille hitam dengan logo toyota di tengahnya. Kemudian, headlamp kotak dengan bingkai hitam dan lampu sein oren. Kelengkapan lainnya meliputi Fog lamp,Wiper belakang, Velg Alloy 14”, dan belum memiliki Electric mirror.

• Facelift Pertama (2000-2001)

Versi LGX keluaran 2001 sudah dilengkapi electric mirror. Pada bagian depan memiliki bentuk headlamp trapesium kristal dan lampu sein segitiga. Tampilan lampu senja menyatu dengan lampu utama. Pada bagian kaca belakang tidak dilengkapi seal, sehingga membuat kesan manis dan tidak berantakan. Selain itu, tampilan dan kelengkapan masih sama seperti keluaran sebelumnya.

• Facelift Kedua (2002-2004)

Varian LGX facelift kedua memiliki perbedaan pada tampilan luar berupa bentuk foglamp yang lebih memanjang kesamping dan tidak menghadap ke depan saja. Kemudian ada tambahan aksesoris pada lampu belakang dengan bentuk segitiga, sehingga mirip seperti Land Cruiser. Kemudian, pada lampu sein berubah warna menjadi kuning yang terbuat dari kristal. Bentuk grille mengalami perubahan, dengan bentuk cembung kedepan.

Interior Kijang LGX

Interior Kijang LGX Bagian Dalam

Interior Kijang LGX

Bagian interior mobil ini masih memiliki tampilan yang sama sederhananya dengan bagian eksterior. Desain doortrim yang lurus saat keluaran awal sampai facelift pertama, namun telah diganti pada facelift kedua dengan tampilan doortrim yang lebih stylish dan menyerupai doortrim mobil sedan mewah dijamannya yakni Great corolla.

Desain dashbor yang cukup rapi dan manis, dengan warna dasar hitam, dilengkapi dengan lingkar kemudi polos tanpa emblem toyota, tampilan speedometer sederhana, namun belum dilengkapi cup holder dibagian depan yang berfungsi untuk menaruh botol/kaleng minuman. Walaupun begitu, desain kursi sangat nyaman dan menopang tubuh dengan baik pada bagian depan, kursi kedua dan ketiga juga memiliki kursi yang masih nyaman karena memiliki ukuran cukup besar, luas dan tebal sehingga tahan lama sampai sekarang. Material joknya juga terbuat dari bahan fabric sehingga adem dan nyaman. Tipe mobil kijang satu ini, pada kursi paling belakang sudah hadap depan semua.

• Pre Facelift (1997-2000)

Edisi Grand memang memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan standar dan versi super kijang kapsul. Kelengkapan interiornya meliputi AC Double Blower, Power window di keempat pintu, Tachometer (rpm), serta Tidak menggunakan panel kayu seperti pada tipe kijang kapsul top line yakni Krista.

• Facelift Pertama (2000-2001) dan Kedua (2002-2004)

Secara kelengkapan fitur dan desain keseluruhan masih sama dengan keluaran awal, hanya terdapat perbedaan pada spoke menjadi 3 buah yang tadinya hanya 2 buah. Pada facelift kedua memiliki tampilan interior yang lebih manis karena desainnya berubah menjadi warna krem.

Mesin Kijang LGX

Mesin yang ditawarkan sejak keluaran awal mobil LGX ini hanya memiliki varian mesin 7K-4 untuk kapasitas 1.800 cc karburator dengan 4 silinder segaris OHV; dan tipe mesin diesel 2L dengan 4 silinder segaris kapasitas 2400 cc dengan sistem indirect injection. Setelah mengeluarkan versi faceliftnya di tahun 2000 silam varian mesin LGX bertambah satu dengan adanya 1RZ-E, 4 silinder segaris SOHC dengan kapasitas 2000 cc.

Mesin Kijang LGX


Kode mesin :

  • 7K-E ; 1.8 L; 4Cyl-inline; OHV; EFI
  • 1RZ-E; 2L; 4Cyl-Inline; SOHC
  • 2L; 2.4 L; 4Cyl-inline; Indirect Injection

Tenaga Maksimal :

  • 105 HP / 4.800 rpm (2L)
  • 94 HP / 5.000 rpm (1.8L)
  • 86 HP / 4.800 rpm (2.4 diesel)

Torsi Maksimal :

  • 161 Nm / 2.800 rpm(2L)
  • 155 Nm / 3.200 rpm (1.8L)
  • 165 Nm / 2800 rpm (2.4 diesel)

Transmisi :

  • 4 A/T atau 5 M/T dengan ECT (Electronic Controlled Transmission)


Spesifikasi lain :

  • RWD; PS; PW

Top Speed :

  • 140 kpj

Suspensi :

  • Independent double wishbone (depan)
  • Rigid axle per daun (belakang)

Kelebihan dan Kekurangan Kijang LGX

Kelebihan :

  • Tenaga yang dikeluarkan besar
  • Perawatan sangat mudah
  • Sparepart terjangkau
  • Tampang masih modern
  • Kabin lapang
  • Suspensi dan mesin tangguh
  • Torsi lumayan baik
  • Harga jual stabil

Kekurangan :

  • Tidak bisa mencapai top speed (mesin meraung-raung di kecepatan 120 km/jam)
  • Kualitas interior terlalu standar
  • Material interior kurang berkualitas
  • Tidak memiliki fitur keselamatan dan keamanan seperti ABS dan airbags

Daftar Harga Kijang LGX Bekas


  1. Tahun 1997-2000 : 70-80 jutaan
  2. Tahun 2000-2001 : 70-100 jutaan
  3. Tahun 2002-2004 : 80-115 jutaan

Karena mobil Kijang LGX merupakan mobil kijang generasi ketiga paling lengkap dikelasnya, sehingga mobil tipe ini sangat banyak beredar di pasaran dan banyak juga yang menginginkan mobil satu ini. Namun, karena mobil ini dikeluarkan sejak tahun 1997 hingga 2004, sudah sewajarnya kelengkapan interior dan keamanan yang menjadi kelemahan mobil ini masih kurang lengkap dan kurang modern. Setelah mengetahui spesifikasi lengkapnya, kembali lagi kepada anda, Apakah anda masih tertarik dengan jenis mobil ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar