Sabtu, 06 April 2019

Riview Oppo a3s


selamat malam sobat.langsung saja  Bulan Juli lalu, Oppo meluncurkan smartphone entri level terbarunya yakni A3s. Meskipun kelas menengah, gawai ini menghadirkan spesifikasi dan fitur seperti smartphone premium Oppo. Salah satunya fitur dan spesifikasi handal yang ada di Oppo F9.
Oppo A3s mengusung baterai besar berdaya irit sebagai fitur andalan. Desain notch yang digunakan oleh ponsel premium Oppo masih diadopsi di Oppo A3s. Mulai dari baterai besar, layar luas, teknologi AI di kamera dan sektor lainnya, game space, desain glossy, UI ColorOS 5.1, MusicParty, Kids Space, Applock dan banyak lagi.
Dibandingkan smartphone sekelas yang beredar di pasaran, A3s mengusung layar full screen sebagai fitur andalan. Layar full screen jarang ditemui di smartphone dengan harga Rp 2 jutaan di pasaran. Begitu juga dengan kapasitas baterai besar yakni 4.230mAh yang dimiliki Oppo A3s jarang ada di ponsel dengan kisaran harga 2 jutaan.
Oppo A3s hadir dalam dua model penyimpanan yakni RAM 2GB dengan ROM 16GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB. Model RAM 3GB dibanderol seharga Rp 2.699.000. Sementara RAM 2GB dilepas dengan harga Rp 1.999.000.
Oppo A3s tersedia dalam varian warna merah dan dark purple. Kali ini Redaksi Selular.ID berksempatan mew-review Oppo A3s varian ROM 16GB warna merah. Seperti apa ulasannya ?
Review Oppo A3s
Desain
Bagian depan OPPO A3smore
Bagian belakang OPPO A3Smore
Dari segi desain, Oppo A3s terlihat elegan dengan balutan warna merah. Bagian belakang ponsel ini menggunakan jenis material komposit berjenis tempered glass. Kombinasi warna merah dengan bahan tempered glass menghasilkan refleksi warna yang indah.
Layar seluas 6,2 inci terpampang di bagian depan ponsel ini. Diatas layar terpatri notch sebagai wadah untuk menampung kamera selfie 8 MP, speaker receiver, LED Notification dan sensor proximity. Bagian depan gawai ini terlihat lebih luas berkat ukuran layar lebih besar dan notch.
Kamera utama ganda beresolusi masing-masing 13MP dan 2 MP terpasang di bagian belakang gawai ini. Masih di bagian belakang, terdapat pula LED Flash dan logo Oppo.
Sisi kanan dijumpai volume up and down serta slot MicroSD. Sedangkan sisi kiri hanya ditemui tombol power.
Bagian bawah ponsel ini ditemui sebuah speaker, port USB, port mic dan jack audio 3,5mm. Sementara bagian atas ponsel ini polos saja, tidak ditemukan apa-apa.
Oppo A3s memiliki dimensi 156.2×75.6×8.2mm. Bobotnya cukup ringan hanya 168g. Ketika digenggam maupun dimasukan ke saku cukup pas.
Kamera
Oppo A3s disematkan kamera utama ganda beresolusi masing-masing 13MP dengan aperture f/2.2 AF dan 2 MP, f/2.4 disokong depth sensor. Kamera selfie-nya didukung resolusi 8MP dengan bukaan f/2.2. Baik kamera utama maupun selfie Oppo A3s sudah didukung teknologi AI.
Tampilan kamera utama maupun selfie-nya terihat simpel tidak banyak disertakan mode maupun filter. Untuk kamera utama terdapat mode photo, portrait dan panorama. Sementara menu kamera selfie hanya terdapat mode photo dan panorama.
A3s ditunjang fitur A.I Beautification yang pertama kali diperkenalkan di OPPO R11s dan kemudian dibawa kepada lini F series dan A series. Teknologi ini mampu mengidentfikasi wajah hingga lebih dari 200 titik. A.I Beautify 2.0 dapat menyesuaikan bagian tubuh terutama pada bagian leher, sehingga hasilnya tidak akan berbeda antara wajah dan bagian leher.
Fitur A.I Beautification ini bisa bekerja di kamera utama maupun selfie. Fitur ini memang ditujukan untuk foto objek manusia dengan kamera utama maupun selfie. Anda bisa mengatur sendiri level efek beauty yang diinginkan dari 1 sampai 6 pada icon manusia. Untuk kamera depan tersedia mode AI pada menu beauty dan level-nya sama dari 1 sampai 6.
Kami Redaksi Selular.ID menguji fitur A.I Beautification ini baik menggunakan kamera selfie maupun kamera utama. Ketika berada di dalam ruangan dan kondisi cukup cahaya, hasilnya cukup baik. Efek beauty nya tidak berlebihan sehingga foto masih terlihat alami.
Namun, ketika berada di luar ruangan, hasilnya belum maksimal. Foto yang dihasilkan terlihat lebih terang dan terksesan tidak alami. Sementara di kondisi malam hari ataupun minim cahaya apalagi di luar ruangan, hasilnya jauh dari kata sempurna.
Noise masih terlihat jelas. Ketika disiasati dengan LED Flash pun hasil selfienya belum maksimal. Namun, ketika selfie low-light menggunakan LED Flash jauh lebih baik dibandingkan tidak menggunakan LED Flash.
Dalam mode photo pun tanpa menggunakan efek beauty, hasil foto selfie ketika outdoor dan cahayanya cukup masih belum memuaskan. Warna yang dihasilkan kurang natural dan terlihat lebih terang. Terkadang wajah dan langit nyaris terlihat sama warna putih-nya.
Hal serupa juga terjadi pada kamera utama. Dalam kondisi terang dan di luar ruangan, foto yang dihasilkan kurang maksimal. Warna yang dihasilkan kurang natural dan terlihat lebih terang.
BACA JUGA:
Smartphone Oppo Terlaris 2018 Turun Harga
Jika di dalam ruangan dengan kondisi cukup cahaya, foto objek apapun terlihat jauh lebih baik. Warna yang dihasilkan lebih natural. Untuk kombinasi warna yang lebih baik, Anda bisa menggunakan mode HDR pada kamera utama maupun selfie.
Dalam kondisi minim cahaya atau malam hari dan diluar ruangan, masih terlihat noise. Mungkin Anda bisa menggunakan LED Flash untuk hasil foto low-light yang lebih baik.
Kamera utama Oppo A3s juga menghadirkan mode 1x zoom dan 2x zoom. Mode 2x zoom ini memudahkan Anda saat mengambil gambar tanpa harus mengatur mode zoom manual.
Hasil mode 2x zoom juga terlihat lebih baik ketika berada di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup. Selebihnya, hasilnya kurang maksimal dan cenderung pecah.
Baik kamera utama maupun selfie sama-sama memiliki efek bokeh. Pada kamera utama, Anda bisa menggunakan mode portrait untuk mendapatkan efek bokeh.
Sedangkan untuk selfie, Anda bisa memilih mode depth effect untuk efek bokeh. Efek bokeh yang dihasilkan terlihat lebih natural baik kamera utama maupun selfie.
Untuk video, tersaji menu video dan time-lapse untuk kamera utama maupun selfie. Ada dua pilihan resolusi yang bisa dipilih yakni 720p dan 1080p.
Anda juga bisa menggunakan efek beauty pada video dengan kamera belakang dan depan. Video yang dihasilkan kamera utama maupun selfie cukup baik.
Layar
Oppo A3s dibekali layar Full Screen berukuran 6,2 inci dengan resolusi 1520 x 720 pixel. Aspek rasio layar-nya adalah 19 : 9. Layar Oppo A3s terlihat lebih luas dengan desain notch. Sayangnya, layar ini belum dilapisi kaca pelindung atau Corning Gorilla Glass.
Layar ini menghasilkan 16 juta warna sehingga wajar jika warna-nya terlihat lebih tajam. Ketika kami Redaksi Selular.ID mencoba menonton video dan bermain game, tampilan warna yang dihasilkan cukup tajam. Kami mencoba menonton video di YouTube dengan resolusi video Full HD 1080p, hasilnya cukup memuaskan.
Namun, ketika kami bermain game, notch ini terasa mengganggu, meskipun tampilannya lebih luas. Karena control pada game terhalang oleh notch.
Anda juga dapat mengatur kecerahan layar pada menu setting ataupun notification tray. Mode Night Shiled juga dapat Anda gunakan untuk melindungi mata Anda.
Agar layar terlihat lebih luas, Anda bisa menyembunyikan navigation key. Anda juga bisa memunculkan navigation key tersebut.
Untuk menyembunyikan dan memunculkan navigation key, Anda bisa kunjungi menu setting>navigation key, lalu pilih virtual navigation keys can be hidden.
ColorOS 5.1
Oppo A3s menggunakan tampilan antarmuka ColorOS 5.1. Tampilan ColorOS 5.1 yang terlihat simpel.
Di bagian atas, terdapat notification tray yang memuat semua notifikasi dan sejumlah pengaturan. Mulai dari Wi-Fi, mobile data, sound, Bluetooth, flashlight, boost, calculator, night shield, Oppo Share, location, portrait lock, power saving, screen recording dapat Anda atur di notification ray. Anda juga dapat mengatur brightness.
UI ini membawa sejumlah fitur menarik seperti MusicParty, Kids Space dan Applock. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengontrol sang buah hati saat menggunakan Oppo A3s.
Anda bisa menambahkan aplikasi yang Anda rasa cocok untuk si buah hati. Cukup tap Apps allowed to be accessed, lalu pilih aplikasi yang Anda inginkan.
Fitur app lock juga dapat Anda gunakan untuk mengunci aplikasi yang Anda inginkan. Agar tidak semua orang dapat mengakses aplikasi yang Anda proteksi, termasuk anak Anda.
Berikutnya, aplikasi Music Party memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dan berpesta dengan teman-teman. Anda dapat membuat party menggunakan koneksi Wi-Fi dengan teman Anda.
Anda juga bisa ikut dalam party yang sedang berlangsung. Caranya cukup dengan scan QR Code.
Software
Gawai ini berjalan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Oppo A3s tidak banyak membawa aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan yang terintegrasi dengan sistem seperti Game Space dan Music Party hadir di gawai ini. Aplikasi bawaan Google seperti Google, Chrome, Gmail, Maps, YouTube, Drive dan lainnya sudah pasti hadir di Oppo A3s.
Aplikasi bawaan lainnya yang disematkan di ponsel ini adalah Facebook, Babe, UC Browser dan Lazada. Empat aplikasi tersebut sudah di-install dari awal pembelian Oppo A3s. Jika Anda tidak suka, Anda bisa uninstall aplikasi tersebut.
Game Space
Fitur game mode memang bukanlah sesuatu yang baru bagi Oppo. Fitur bernama game acceleration sebelumnya sudah ada di ponsel premium Oppo seperti Oppo F9, F7, F5 dan sebagainya. Kini Oppo A3s kembali mengusung fitur game mode bernama game space.
BACA JUGA:
7 Teknologi Smartphone yang Hadir di 2018
Dibandingkan game acceleration, fitur game space ini sudah mendapatkan sejumlah peningkatan. Fitur game acceleration hanya bisa mendukung jenis game tertentu. Sementara fitur game space sudah mendukung semua jenis game.
Anda bisa menambahkan game yang Anda inginkan. Caranya cukup klik ikon + pada aplikasi game space.
Kemudian pilih game yang Anda ingin tambahkan. Selain game, Anda juga dapat menambahkan semua aplikasi yang ada pada Oppo A3s.
Game space menghadirkan fitur Game Engine, Smoothness Optimization, Network Pretection dan Answer Call With Ease.
Fitur Game Engine mampu memaksimalkan kinerja Oppo A3s saat bermain game. Smoothness Optimization mampu membantu membuat tampilan grafis terlihat mulus saat bermain game berat seperti AOV, PUBG, Mobile Legend: Bang Bang.
Ketika bermain game online seperti Arena Of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legend: Bang Bang yang membutuhkan koneksi yang stabil, networking protection dan Answer Call With Ease cukup bisa diandalkan. Fitur networking protection mampu menstabilkan jaringan saat bermain game online.
Anda tidak perlu khawatir jika ada panggilan masuk ketika bermain game, karena ada fitur No Disturbance dalam mode game acceleration. Fitur ini sangat berguna sekali ketika memulai pertempuran dalam game online tersebut.
Fitur No Disturbance ini menampilkan panggilan telepon yang masuk sebagai notifikasi. Terdapat opsi untuk segera merespon panggilan atau lanjut bermain.
Anda dapat menjawab panggilan masuk saat bermain game tanpa mengganggu permainan. Anda juga dapat menjawab panggilan masuk setelah permainan selesai. Anda juga dapat mengatur game space di menu setting untuk pengalaman gaming terbaik.
Hardware dan Performa
Dapur pacunya, Oppo A3s diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 450 dipadukan prosesor 8 Core 64-Bit berkecepatan 1.8 Ghz dan GPU Adreno 506. Konfigurasi storage yang kami gunakan adalah RAM 2GB dengan ROM 16GB. Penyimpanan-nya bisa diperluas dengan microSD card berkapasitas hingga 256 GB.
Untuk menguji performa Oppo A3s, kami Redaksi Selular.ID mencoba serangkaian tes seperti Benchmark, bermain game, menonton video, mendengarkan musik dan lainnya. Aplikasi Benchmark yang kami gunakan meliputi AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench.
Saat menjalani tes AnTuTu, ada kendala saat proses rendering. Walaupun kami sudah menggunakan fitur game space. Namun, hasilnya jauh lebih baik dibandingkan tidak menggunakan fitur game space.
Hasilnya, kurang memuaskan, tes AnTuTu 3D tidak berjalan mulus di Oppo A3s. Oppo A3s meraih skor 73808 dengan peringkat ke 51.
Begitupun saat menjalani tes 3D Mark, ada sedikit lag pada proses rendering. Hasilnya, Oppo A3s meraih skor 12818 untuk tes Ice Storm Unlimited.
Untuk tes PC Mark, Oppo A3s sanggup menjalaninya dengan baik. Tercatat, skor yang diraih Oppo A3s pada tes Work 2.0 Performance adalah 5114.
Selanjutnya, tes Geekbench Oppo A3s juga mampu menjalaninya dengan baik. Untuk tes Single-Core, A3s meraih skor 780 dan tes Multi-Core 3677.
Kami mencoba bermain game Arena Of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Mobile Legend: Bang Bang, Naruto X Boruto Ninja Voltage, Temple Run 2 dan Terminator Genisys: Guardian. Oppo A3s sanggup melibas semua game tersebut dengan baik.
Arena Of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legend: Bang Bang memiliki setting grafis tertinggi. Kami mencoba bermain dengan setting grafis tertinggi. Hasilnya, mulus dan lancar.
Khusus PUBG, game ini mampu menyesuaikan tingkat grafis dengan spesifikasi ponsel pada pertama kali game di-install. PUBG mendeteksi Oppo A3s untuk kualitas grafis Low yang berarti paling rendah.
Anda bisa menyesuaikan grafis PUBG di menu setting. Kami menggunakan settingan tertinggi dengan resolusi Balanced dan frame rate Medium.
Hasilnya cukup lancar, tidak lag dan patah-patah serta tidak ada mozaik. Kemungkinan fitur game space sudah bekerja dengan optimal. Ketika bermain game terus-menerus selama kurang lebih 7 jam, Oppo A3s terasa hangat.
Karena kapasitas RAM dan ROM nya cukup kecil, sebaiknya Anda menggunakan memori eksternal. Jika tidak menggunakan memori tambahan, maka tentunya akan menghambat performa Oppo A3s. Kami menggunakan microSD card untuk menyimpan foto, video dan file lain agar tidak membuat memori internal Oppo A3s penuh.
Untuk uji audio, kami menonton video, video musik, film di YouTube serta mendengarkan musik menggunakan aplikasi Spotifiy. Suara yang dihasilkan cukup jernih dan tajam ketika menggunakan mode loudspeaker.
Terlebih jika menggunakan earphone. Karena dengan menggunakan earphone, Anda dapat menemukan pengaturan khusus di menu setting>Real Sound Technology. Anda bisa memilih Sound Equalizer seperti Pop, Rock, Metal, Dance, Jazz, Hiphop, Classical, Country, Blues, Electro serta Anda dapat mengatur sendiri.
Anda juga dapat mengaktifkan mode Real HD Sound untuk kualitas suara yang lebih baik. Namun, fitur sound ini hanya bisa digunakan jika menggunakan earphone.
BACA JUGA:
Smartphone Oppo Terlaris 2018 Turun Harga
Fitur ini juga tidak bekerja jika Anda mendengarkan musik di YouTube. Sayangnya, Oppo tidak menyertakan earphone bawaan Oppo A3s pada paket pembelian.
Hemat daya
Sumber energinya, Oppo A3s ditenagai berkapasitas cukup besar yakni 4.230mAh. Karena memiliki baterai berkapasitas besar, waktu pengisian dayanya memakan waktu 2 jam dari kondisi baterai low di bawah 20%. Ketika di charge dalam kondisi diatas 20%, baterai ini membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 jam.
Untuk menguji ketahanan baterai, Kami Redaksi Selular.ID menggunakan aplikasi BatteryBot dan PC Mark Work 2.0 Battery Life. Setelah menjalani tes PC Mark Work 2.0 Battery Life, Oppo A3s mampu bertahan hingga 15 jam 49 menit.
Aplikasi BatteryBot hanya berfungsi sebagai indikator baterai saja. BatteryBot memberikan informasi bahwa dalam kondisi 100%, baterai Oppo A3s mampu bertahan hingga seharian penuh sekitar 24 jam. Dalam kondisi 76%, baterai ini mampu bertahan hingga 18 jam 14 menit.
Selain menggunakan aplikasi, kami juga menguji ketahanan baterai Oppo A3s dengan bermain game, menonton YouTube, mendengarkan musik, browsing internet, sosial media, pesan instan dan kebutuhan harian lainnya. Dalam keadaan standby dan tidak digunakan sama sekali, Oppo A3s mampu bertahan hingga 2 hari atau setara 48 jam.
Jika digunakan untuk kebutuhan harian seperti browsing internet, email, pesan instan dan lainnya, Oppo A3s mampu bertahan hingga seharian penuh atau sekitar 24 jam. Ketika digunakan untuk streaming video tanpa jeda, ponsel ini mampu bertahan hingga 5 jam.
Untuk browsing internet secara terus-menerus, Oppo A3s mampu bertahan hingga 9 jam. Saat bermain game secara terus-menerus, gawai ini mampu bertahan antara 7 hingga 8 jam.
Dukungan fitur AI Battery Management membuat daya tahan Oppo A3s semakin irit. Anda juga bisa mengunjungi menu setting>battery>power saving untuk menghemat daya baterai.
Fitur Lain
Oppo A3s mengusung sejumlah fitur menarik lainnya seperti Smart Assistant. Fitur ini didukung teknologi AI yang dapat membantu Anda mengoperasikan Oppo A3s. Fitur ini menyajikan menu prakiraan cuaca, step tracker, favorit kontak dan sebagainya. Anda bisa mengatur langkah Anda di menu step tracker dalam kurun waktu harian, mingguan dan bulanan.
Hadir pula fitur screen recording yang dapat meng-capture video pada layar Oppo A3s. Fitur screen recording dapat Anda aktifkan di notification tray ataupun menu setting.
Soal keamanan, Oppo A3s disokong face unlock, pattern dan password. Sensor fingerprint harus absen dari ponsel ini.
Kemampuan face unlock membuka kunci wajah cukup cepat dibawah 1 detik. Face unlock ini mampu membuka wajah meskipun menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi dan sebagainya.
Meskipun pada saat mendaftarkan wajah pada face unlock, tidak menggunakan aksesoris, ketika membukanya bisa memakai aksesoris. Di tempat gelap pun, face unlock ini mampu mendeteksi wajah Anda.
Konektivitas
Hasil Speed Test Oppo A3s
Soal konektivitas, Oppo A3s disokong Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, port microUSB 2.0, USB On-The-Go serta jaringan 4G/3G/2G. Untuk menguji jaringan 4G, kami menggunakan aplikasi SpeedTest besutan Ookla. Provider yang kami gunakan kali ini adalah Telkomsel.
Kecepatan download yang dihasilkan adalah 34.1Mbps dan upload 25.5Mbps. Hasil lainnya di SpeedTest mencakup Ping 21ms, Jitter 10ms dan loss 0%. Untuk uji jaringan, tentunya tergantung jenis provider yang digunakan.
Kami juga menguji jaringan dengan menelpon seseorang. Suara yang dihasilkan cukup jernih.
Ketika kami mencoba transfer file lewat Bluetooth maupun kabel data juga cukup cepat. Oppo A3s dilengkapi dua buah slot Sim Card dan sebuah slot MicroSD Card. Oppo A3s juga dilengkapi sensor lain seperti Light Sensor, G-Sensor, Acceleration Sensor, Magnetic Induction dan Proximity Sensor.
Kesimpulan
Daya tahan Oppo A3s memang sangat irit bisa bertahan dalam waktu seharian penuh selama 24 jam dalam penggunaan harian. Performa Oppo A3s cukup memuaskan ketika bermain game, mendengarkan musik, menonton video dan lainnya. Namun, ketika digunakan seharian untuk melakukan aktivitas secara terus menerus, ponsel ini masih terasa panas.
Oppo A3s hadir dalam dua model penyimpanan yakni RAM 2GB dengan ROM 16GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB. Jika Anda memilih model RAM 2GB sebaiknya menggunakan memori eksternal atau tidak pasang aplikasi terlalu banyak karena justru menghambat performa ponsel.
Desain Oppo terlihat elegan dengan material komposit berjenis tempered glass berbalut warna merah. Layar Oppo A3s lebih luas dan tajam sehingga cocok untuk menonton video. Sayangnya, layar Oppo A3s belum dilapisi kaca pelindung sehingga rentan terhadap goresan.
Teknologi AI pada Oppo A3s kami rasa sudah cukup optimal, terkecuali pada kamera. Teknologi AI pada kamera utama maupun selfie kami rasa kurang optimal. Karena kamera utama maupun selfie belum bisa mengenali objek, kondisi cahaya dan lain sebagainya.
Fitur keamanan seperti face unlock, app lock dan kids space sangat cocok digunakan untuk para orang tua ataupun yang membutuhkan fitur keamanan extra. Kesimpulannya, Oppo A3s cocok digunakan oleh orang tua, pelajar, ibu rumah tangga yang membutuhkan fitur standar dengan tingkat keamanan tinggi.
terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar